Minggu, 21 September 2014

Internet Media [ Wired dan Wireless ]



Jaringan komputer dibagi menjadi Jaringan Kabel (Wired)dan Nirkabel (Wireless). Ethernet Wired telah menjadi pilihan tradisional di rumah-rumah, namun Wi-Fi dan pilihan nirkabel lainnya. Kedua kabel dan nirkabel dapat mengklaim keunggulan masing-masing, keduanya merupakan pilihan yang layak untuk rumah dan jaringan area lokal lainnya (LAN).
wired-diagram-3.jpg
Pengertian Wired dalam bahasa adalah pendistribusian informasi melalui kawat. Wired menggunakan kabel sebagai media penghubung. Singkatnya perangkat tersebut dapat dilihat dan diraba, maka dari itu wired dapat disebut juga telekomunikasi fisik. Telekomunikasi adalah mendistribusikan informasi dari satu titik ke titik lain. Sedangkan yang non fisik disebut Wireless.
wireless.jpeg
Sedangkan Pengertian wireless adalah kebalikan dari wired, tidak bisa dilihat, yaitu melalui gelombang. Jaringan nirkabel ini merupakan salah satu media transmisi yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Data-data digital yang dikirim melalui wireless akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik.
Kelebihan Wired dan Wireless :
  1. Wired
  1. Mobilitas  Tinggi   
  2. Kemudahan dan kecepatan instalasi
  3. Menurunkan biaya kepemilikan
  4. Fleksibel   
  5. Scalable
  1. Wireless
  1. Mobility : Wireless LAN administrator jaringan dapat     memberikan layanan yang lebih nyaman bagi pengguna jaringan, dimana jaringan dapat di akses dari mana saja selama masih berada dalam  jangkauan wireless dan tidak di pusingkan dengan masalah pengkabelan
  2. Reduced Cost-of-Ownership : pada point ini sekilas kelihatan janggal, tentang pembiayaan untuk jaringan wireless LAN memang lebih mahal  dari jaringan Kabel, namun jika di lihat secara keseluruhan akan terlihat bahwa selama penggunaan, jaringan wireless LAN akan lebih     murah, untuk penggunaan jaringan secara dinamis yang memerlukan perpindahan tempat pengguna jaringan
  3. Scalability : Wireless LAN dapat dikonfigurasikan dalam berbagai macam topologi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan user yang beragam. Konfigurasi     dapat dengan mudah diubah mulai dari jaringan peer-to-peer yang  sesuai untuk jumlah pengguna yang kecil sampai ke full     infrastructure network yang mampu melayani ribuan user dan  memungkinkan roaming dalam area yang luas.
Kekurangan Wired dan Wireless
  1. Wired
  1. Delay yang besar       
  2. Biaya peralatan mahal       
  3. Adanya masalah propagasi radio seperti terhalang, terpantul, dan banyak sumber interferensi   
  4. Kapasitas jaringan menghadapi keterbatasan spektrum   
  5. Keamanan / kerahasiaan data kurang terjamin
  1. Wireless
  1. Memerlukan pengamanan tambahan : Pada sistem Wireless LAN memiliki sistem keamanan yang terbatas ( sampai pada layer 2 ), maka dari itu untuk lebih mengamankan jaringan di belakang Wireless LAN diperlukan pengaman tambahan.
  2. Tingkat Kecepatan : Umumnya jaringan Wireless LAN menyediakan data rate hingga 54 Mbps dan 11 Mbps, namun pada kenyataannya transmisi ini dipengaruhi oleh keadaan lingkungan, sehingga membuat tingkat kecepatan pada Wireless LAN tidak terlalu baik / kurang maksimal.
  3. Topologi ruangan dan cuaca : Pada sistem WLAN ini topologi ruangan, daerah dan cuaca sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal karena pada sistem ini yang digunakan adalah medium radio sehingga akan mengalami delay dari Wireless LAN.
  4. Harga     WLAN : Harga-harga komponen Wireless LAN saat ini masih cukup tinggi, dan membutuhkan biaya yang sangat besar serta perencanaan yang tepat dan efisien dalam mengimplementasikannya.


Cara kerja Wired
Cara kerja Wired adalah menggunakan Kabel UTP. UTP  merupakan singkatan dari Unshieelded Twisted Pair , yaitu kabel yang terdiri dari 4 pasang (biru, orange, hijau , dan coklat) kabel yang di pilin menurut aturan tertentu  dan digunakan untuk mentrasfer dan menerima data. kabel ini terdiri dati beberapa jenis , yang umum  dan menjadi standar sekarang ialah :
  1. Jenis Cat 5 , teknologi 100 base –T , Frekuenssi 16 MHz, Bandwitch data mencapai 100Mbps
  2. Jenis Cat 5e , teknologi 1000 base-T , Frekuensi 100MHz bandwitch data mencapai 1000 Mbps
  3. Jenis Cat 6 , teknologi 1000 base-T , Frekuensi 250MHz bandwitch data mencapai 2500 Mbps
Rangkaian kabelnya pun ada beberapa jenis yaitu : Cross , Straigh,  Dan Rollover.
Cara kerja dan instalasinya :
Material kabel ini sma dengan kabel umumnya yaitu tembaga, jadi cara kerja dari kabel ini ada pada socket NIC(Network Intergrated Card), datanya berupa bilangan biner di ubah menjadi arus listrik dan di alirkan melalui perangkat-perangkat yang terhubung misalnya router, switch, atau pun ke sesama perangkat komputer, pemilihan jenis rangkaian juga untuk menghubungkan antara komputer ke switch yaitu menggunakan kabel dengan rangkaian straight.


Cara kerja Wireless
Sedangkan cara kerja Wireless yaitu dengan WLAN (Wireless lan ), WLAN (Wireless lan ) merupakan suatu jaringan lokal dimana untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya tidak harus memakai kabel UTP sebagai cara transferisasi data, melainkan melalui sinyal radio yang dipancarkan melalui acsespoint dari jaringan tersebut, jaringan wireless atau yang lebih dikenal jaringan wifi tidak hanya digunakan untuk mengkoneksikan Internet namun juga bisa melakukan aktifitas komunikasi yang lain seperti mengirim data share printer dan lain lain.
Teknologi wifi saat ini sudah dalam kategori, atau dalam kata lain kecepatan transfering data sudah dapat mecapai 1000mpbs. Jaringan Wireless LAN akan saling bertukar informasi menggunakan electromagnetic airwaves atau sering disebut radio atau infrared, dan tidak tergantung pada sambungan secara fisik.


Di bawah ini kami membandingkan jaringan kabel dan nirkabel dalam tiga bidang utama:
kemudahan instalasi
  1. Total Biaya
Kabel Ethernet, hub dan switch sangat murah. Beberapa paket perangkat lunak berbagi koneksi, seperti ICS, bebas; beberapa nominal biaya. Router broadband biayanya lebih, tetapi ini adalah komponen opsional dari LAN dengan kabel, dan biaya yang lebih tinggi diimbangi dengan manfaat dari instalasi lebih mudah dan built-in fitur keamanan.
  1. Keandalan
Ethernet kabel, hub dan switch sangat terpercaya, terutama karena produsen telah terus-menerus meningkatkan teknologi Ethernet selama beberapa dekade. Kabel longgar cenderung tetap menjadi sumber yang paling umum dan menjengkelkan dalam kegagalan jaringan kabel. Ketika memasang LAN kabel atau kemudian memindahkan salah satu komponen, pastikan untuk hati-hati dalam memeriksa sambungan kabel.
  1. Kinerja
LAN kabel menawarkan kinerja yang unggul. Koneksi Ethernet tradisional menawarkan hanya 10 Mbps bandwidth, tapi 100 Mbps teknologi Fast Ethernet biaya sedikit lebih dan sudah tersedia. Meskipun 100 Mbps merupakan kinerja maksimum teoritis tidak pernah benar-benar dicapai dalam praktek, Fast Ethernet harus cukup untuk berbagi file di rumah, game, dan akses internet kecepatan tinggi selama bertahun-tahun ke depan.

Sumber :
Wired dan Wireless (1)
Wired dan Wireless (2)
Wired dan Wireless (3) 
Wireless WLAN

0 komentar:

Posting Komentar