Sabtu, 13 September 2014

Komponen Komputer

Komponen komputer merupakan bagian yang ada di dalam komputer itu sendiri. Komponen komputer di bagi menjadi 3 kategori, yaitu input, output, dan proses :
1.  Komponen Input terdiri dari :
a.    Keyboard
            Keyboard adalah perangakat yang digunakan untuk mengetik teks pada komputer. Keyboard secara umum adalah tombol fungsi, tombol teks, dan tombol angka. Keyboard berfungsi untuk memberikan data-data alfanumerik dan interpretation ASCII lainnya.
1)      Keyboard serial
Keyboard ini menggunakan DIN 5 male dan keyboard ini jarang sekali digunakan pada jaman sekarang ini, Keyboard ini digunakan pada komputer type AT.


2)      Keyboard PS/2
Keyboard ini sering kita jumpai pada komputer desktop dan biasanya digunakan pada komputer ATX, cara pemasangan ini harus cermat karena port PS/2 pada motherboard biasanya ada 2 macam yakni ada yang berwarna hijau dan ungu. Jadi untuk memasang keyboard PS/2, tancapkan pada port PS/2 yang berwarna ungu karena port PS/2 warna hijau digunakan untuk menancapkan mouse.
3)      Keyboard wireless
Keyboard ini menggunakan media wireless sehingga keyboard ini tidak perlu menggunakan kabel, keyboard ini masih sangat jarang kita jumpai karena harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan keyboard yang lainnya.
4)      Keyboard USB
Keyboard ini lebih populer dan lebih banyak digunakan pada komputer modern karena lebih fleksibel dan mudah cara pemasanganya. Keyboard jenis USB mempunyai transfer data lebih cepat.


b.   Mouse
Mouse merupakan sebuah perangkat kecil yang berungsi sebagai penunjuk dan pemilih pada komputer. Mouse digunakan untuk mengalahkan kursos untuk melakukan pilihan pada program-program. Mouse mempunyai 2 bagian, yaitu kiri dan kanan. Ada beberapa jenis Mouse yaitu :
1)      Mouse Serial
Mouse ini menggunakan sejenis bola karet sebagai sensor penggerak yang ada dibawahnya, cara kerjanya yaitu mendeteksi gerakan bola keatas dan kebawah dan menyentuh sensor x dan y.
2)      Mouse PS/2
Mouse PS/2 dipasang pada port PS/2 motherboard yang biasanya berwarna hijau.
3)      Mouse USB
Mouse UDB dipasang pada Port USB dekat dengan LAN On Board.
4)      Mouse Cordless
Mouse ini sangat fleksibel karena tidak perlu menggunakan kabel. Mouse wireless tidak memperlukan kabel untuk bisa terhubung ke komputer/laptop, Mouse ini menggunakan teknologi Bluetooth/frekuensi radio sebagai media penhubung ke komputer/laptop. Sedangkan cara kerjanya sendiri mirip dengan mouse optical. Sehingga Anda dapat mengendalikan komputer pada jarak/jangkauan tertentu.


c.    Scanner
Scanner berfungsi mengubah data bentuk fisik menjadi data elektronik agar dapat diolah melalui sistem kerja digital.
d.   Microphone
Microphone adalah sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk memberi masukan berupa suara.


e.    Pen
Pen merupakan Pengganti Power mouse fungsinya sama dengan mouse, untuk petunjuk dan pemilih pada komputer.

2. Komponen Output terdiri dari :
a.    Monitor
Komponen komputer yang menampilkan proses atau apa yang sedang dikerjakan komputer. Monitor mempunyai sebutan lain yaitu screen atau display. Bnetuk fisiknya hampir sama dengan televisi. Tetapi monitor mampu menampilkan resolusi gambar yang lebih rendah dari televisi.
b.   Printer
Printer merupakan alat yang mempunyai fungsi untuk mencetak dokumen elektronik baik teks maupun grafis. Printer memerlukan tinta dan kertas untuk mencetak.
1)      Printer dot matrix 
2)      Printer  Ink jet
 
3)      Printer laser jet 


c.    Ploter
Fungsinya sama dengan printer yang membedakan adalah kemampuan percetakan datanya. Ploter dapat meletakan data lebih besar.
d.   Speaker
Yang penghasil suara dari dalam komputer atau sebagai output suara atau menyampaikan informasi dalam bentuk gelombang suara.



3. Komponen Proses terdiri dari :
a.    Processor
Processor merupakan komponen utama dalam pemroses data bentuknya seperti chip kecil yang sangat berguna dalam menjalankan perintah dari pengguna. 
b.   Motherboard
Merupakan komponen berupa papan sirkuit dengan fungsi sebagai tempat berbagai jenis komponen seperti prosesor, sound card, video card, dll. semua komponen input, output, dan proses berhubungan disini.
c.    Hardisk
Yaitu tempat penyimpanan data dalam komputer yang utama.
d.   Memory (RAM)
Komponen komputer untuk menampung data setelah diproses oleh prosesor. secara umum, media penyimpanan yang bersifat sementara yang digunakan saat komputer menyala
4. Komponen tambahan terdiri dari :
    Kartu VGA, Audio, Fireware, dan TV tuner.



0 komentar:

Posting Komentar