Selasa, 30 September 2014

Smartphone, Digital Camera, E-Book Reader dan Portable Media Player




A. SMARTPHONE
  

Definisi Smartphone Menurut Pakar Teknologi Adalah :
Menurut Gary B, Thomas J & Misty E, 2007, smartphone adalah telepon yang Internet enabled yang biasanya menyediakan fungsi Personal Digital Assistant (PDA), seperti fungsi kalender, buku agenda, buku alamat, kalkulator, dan catatan.
Menurut David Wood, Wakil Presiden Eksekutif PT Symbian OS, “Telepon pintar dapat dibedakan dengan telepon genggam biasa dengan dua cara fundamental: bagaimana mereka dibuat dan apa yang mereka bisa lakukan.” Pengertian lainnya memberikan penekanan berbedaan dari dua faktor ini.
Smartphone Berdasarkan Fungsinya :
Smartphone atau ponsel pintar berdasarkan fungsinya dapat diklasifikasikan menjadi lebih dari lima fungsi utama :
a.       Smartphone sebagai pembantu tugas kantor sehari-hari
b.      Smartphone sebagai perangkat untuk viewer, editing, pembuat file atau dokumen dalam format Word, TXT, dan PDF
c.       Smartphone berfungsi sebagai media untuk melakukan Push E-Mail secara cepat
d.      Smartphone berfungsi sebagai perangkat teknologi hiburan
e.       Smartphone atau ponsel smart berfungsi sebagai perangkat untuk mengakses internet dengan jaringan 3G, HSDPA, plus Wi-Fi
f.       Smartphone saat ini lebih banyak berfungsi sebagai pengganti pc desktop atau komputer.

Smartphone Berdasarkan Manfaatnya :
Manfaat utama ponsel pintar (smartphone) dari dua segi utama yaitu Hardware dan Software :
Dari Segi Hardware, Smartphone adalah perangkat yang memiliki hardware dan software yang lebih baik berdasarkan definisi, Hardware bermanfaat sebagai penunjang kinerja smartphone itu sendiri ketika digunakan untuk berbagai macam kebutuhan oleh penggunanya. Contoh adanya prosesor terbaik dengan kecepatan tertinggi, manfaat utama hardware pada smartphone ini adalah sebagai penopang kinerja atau aktifitas smartphone secara keseluruhan. Contoh berikutnya adalah dipasangnya sebuah perangkat keras kamera dengan kualitas terbaik, Kamera dari sebuah smartphone manfaat utamanya adalah sebagai alat perekam video, melakukan panggilan video dan bahkan mengambil atau mengumpulkan ribuan momen dan pemandangan terbaik kedalam ribuan format foto dengan cara yang lebih mudah. Sementara Contoh terakhir adalah adanya memori internal dan eksternal, perangkat keras ini mempermudah pengguna smartphone untuk melakukan penyimpanan data melalui perangkat smartphone dengan cara yang hampir mirip dengan Hard Disk dan Flash Disk.

Manfaat Smartphone :
Ponsel pintar (smartphone) adalah perangkat teknologi modern yang sudah diketahui dapat menjalankan software dengan lebih baik bahkan software dari pihak ketiga. Manfaat utama dari kemampuan menjalankan software ini tentu adalah sebagai pembeda smartphone atau ponsel pintar dengan ponsel versi biasa. Dan contoh manfaat smartphone dari sisi software adalah tersedianya layanan akses data. Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh setiap smartphone untuk memungkinkan penggunanya terhubung dengan konektivitas Internet setiap saat dimanapun mereka berada. Layanan akses data pada smartphone adalah bermanfaat untuk keperluan browsing, E-mail, Chating hingga posting. Contoh berikutnya manfaat dari segi banyaknya aplikasi yang tersedia pada sebuah smartphone. Ponsel pintar (Smartphone) adalah perangkat yang tidak hanya sekedar digunakan untuk melakukan sms, menerima dan menjawab panggilan saja, hadirnya pusat aplikasi pada setiap ponsel pintar, maka ponsel cerdas (smartphone) kini dapat dimanfaatkan sebagai pendukung bisnis, sarana belajar dan sarana hiburan atau game.

Sejarah Smartphone
Ponsel pertama yang harus dipertimbangkan smartphone dirancang oleh IBM pada tahun 1992. Diberi nama Simon, perangkat membuat penampilan di COMDEX tahun itu, dan ditawarkan kepada publik pada tahun berikutnya. Beberapa fitur yang bermanfaat yang sampai saat itu hanya telah tersedia pada desktop dan laptop yang termasuk dalam fungsi tersebut. Simon termasuk kalkulator, buku catatan sederhana, kemampuan untuk mengirim dan menerima faks, dan komponen e-mail. Dalam waktu singkat, perangkat ini juga disediakan beberapa game bagi pengguna untuk menikmati, serta jam dunia yang memungkinkan pengguna untuk melihat waktu saat ini di kota-kota besar di seluruh dunia.
Sepanjang sisa tahun 1990-an, berbagai jenis perangkat ponsel canggih muncul di pasaran. Layar sentuh mulai menggantikan keysets pada banyak ponsel pintar. Permainan dan fungsi e-mail menjadi lebih canggih seperti model-model baru yang dirilis. Kemampuan speakerphone pada banyak versi smartphone mulai menyaingi kualitas yang ditemukan dengan speakerphone handset.
Saat ini, fungsi smartphone dengan kaya fitur perangkat komunikasi. Penambahan akses Internet adalah inovasi terbaru dalam teknologi smartphone. Saat ini, pengguna dapat berselancar di Internet dengan kemudahan yang sama seperti ketika menggunakan laptop atau komputer desktop. Pada saat yang sama, banyak produsen garis smartphone telah bekerja untuk meningkatkan kejelasan dan integritas sinyal audio dasar ponsel. Hal ini membantu untuk memastikan bahwa bahkan dengan penambahan semua fitur tambahan, masih mungkin untuk menggunakan smartphone untuk membuat panggilan telepon sederhana dan mengharapkan kualitas suara menjadi jernih dan tajam.

Ciri - ciri Smartphone :
a.   Sistem operasi
   Sebuah HP bisa dikatakan sebagai sebuah smartphone harus memiliki sebuah Sistem Operasi. Karena ini adalah salah satu ciri khusus dari Smartphone. Contoh Sistem Operasi smartphone adalah android, iOS, Bada, symbian, dll.
b.   Aplikasi
   Aplikasi standar yang biasa ada dalam sebuah smartphone seperti aplikasi office, penjadwalan, e-mail, dll.
c.    Perangkat Keras
   Setiap smartphone harus memiliki dukungan perangkat keras yang mumpuni untuk dapat menjalankan sistem operasi yang telah dibenamkan di dalamnya. Perangkatnya sama dengan sebuah PC hanya saja dalam ukuran yang kecil.
d.   Pengolah Pesan
   Satu lagi hal yang didapat dalam smartphone yaitu pengolah pesan yang lebih dari ponsel biasanya. Smartphone memiliki keunggulan dalam mengolah pesan yaitu berupa pesan elekronik (e-mail).
e.    Mengakses Internet/ Web
   Kemampuan lain yang dimiliki oleh sebuah smartphone adalah bisa digunakan mengakses web/ internet dan konten yang disajikan di broswernya, sudah hampir mendekati seperti layaknya kita mengakses web lewat komputer.


B. DIGITAL CAMERA
  
Digital Camera (Kamera digital) merupakan perkembangan dari kamera analog. Sebuah kamera digital mengambil foto yang kemudian dapat dimasukkan ke dalam komputer. Sebagian besar kamera digital dibuat dengan menyertakan software image editing yang dapat digunakan untuk melihat dan mengedit foto yang telah diambil.

Jenis kamera digital
Pada dasarnya kamera digital dapat dikategorikan dalam 2 jenis :
a.       Kamera saku digital (digital pocket camera)
b.      Kamera digital SLR (Digital Single Lens Reflect (SLR) Camera)

Klasifikasi
a.   Kamera VideoJenis
Kamera video profesional seperti yang digunakan dalam pembuatan acara televisi dan film. Biasanya alat ini memiliki beberapa senJenissor gambar (satu untuk setiap warna) untuk meningkatkan resolusi dan gamut warna.
b. Camcorder digunakan para amatir. Ini merupakan gabungan antara kamera dan VCR untuk menciptakan unit produksi yang sudah terintegrasi. Mereka biasanya termasuk mikrofon dan LCD kecil.
c.   Kamera diam
Kamera diam digital (bahasa Inggris: digital still camera) adalah kamera yang digunakan untuk menangkap gambar diam. Biasanya golongan ini dibagi lagi menjadi tiga kelompok:
1)      Kamera digital kompak atau kamera saku: Ini merupakan kamera digital yang paling umum, dan paling mudah digunakan, karena fungsinya yang serba otomatis, dengan bentuk yang kecil dan mudah dibawa. Rata-rata kamera jenis ini, pada zaman sekarang, juga sudah dilengkapi fitur-fitur seperti kamera SLR atau prosumer, dan sudah bisa digunakan untuk zoom (jarak jauh) maupun makro (jarak dekat).
2)      Kamera digital prosumer: Merupakan kamera digital kelas menengah dengan fungsi yang hampir menyerupai SLR, biasanya bentuknya sudah mirip SLR, namun dengan massa yang lebih ringan dan lebih kecil. Kamera jenis ini, lensanya tidak bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan, namun sudah dilengkapi dengan lensa tetap seperti fungsi zoom yang lebih jauh dibanding kamera saku (sampai di atas 10x), foto makro, dll.
3)      SLR digital biasanya memiliki sensor sembilan kali lebih besar dari kamera digital standar, dan ditujukan untuk para fotografer profesional dan pehobi serius. Lensa kamera SLR dapat diganti-ganti sesuai keperluan. Biasanya, produsen sudah menawarkan lensa standar (lensa kit), namun berbagai jenis lensa juga dijual secara terpisah, sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Kamera jenis SLR masih terbagi menjadi dua jenis, yakni SLR untuk sekedar hobi, dan SLR untuk pemakaian profesional murni yang tentunya kualitas hasil di atas kamera SLR hobi, tentunya tingkat harganya juga berbeda. Untuk kelas kamera SLR sendiri, menurut tingkat kualitas dan harganya juga sangat beragam. Termurah, berkisar 5-6 juta, kemudian puluhan juta, bahkan sampai ratusan juta rupiah seperti kamera merk Hasselblad.
d.   Webcam
Webcam adalah kamera digital yang dikoneksikan ke komputer, digunakan untuk telekonferensi video atau tujuan lain. Webcam dapat menangkap gambar video gerak-penuh, dan beberapa model termasuk mikrofon dan kemampuan zoom.

C.    E-BOOK READER



E-Book adalah kependekan electronic book atau dalam bahasa Indonesia artinya buku elektronik yaitu file digital yang mirip dengan buku cetak biasa.
E-Book terdiri dari banyak format (lebih dari 25 format) tetapi yang popular diantaranya adalah : EPUB, PRC/ Mobi (format Mobipocket) , AZW (format Amazon Kindle) dan tentu saja PDF (Portable Document Format).
E-Book reader atau E-Reader adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk membaca E-book.
E-book Reader adalah perangkat elektronik portabel untuk membaca buku digital dan majalah, biasanya di kenal dengan e-book. E-book reader ini dirancang  untuk beroperasi selama berjm-jam dengan mengomsumsi daya minimal dan sebagian besar pembaca e-book bergantung pada teknologi e-ink untuk menampilkan mereka.
E-Book reader menggunakan teknologi khusus yang disebut E-Ink. E-Ink atau E-paper adalah nama yang digunakan untuk mendeskripsikan bagaimana system kerja E-book reader. Teknologi ini mampu mendisplay teks dan gambar pada saat bersamaan seperti halnya tampilan pada kertas atau koran.
Kelebihan :
Layarnya terlihat seperti kertas, tidak mengakibatkan silau di mata dan saat membaca layaknya seperti membaca buku cetak biasa.
Teknologi ini memerlukan energi listrik saat membuka halaman saja. Bila anda sedang membaca halaman tersebut atau tidak sedang memindah halaman maka alat ini tidak mengkonsumsi energi listrik. Jadi alat ini sangat hemat energi. Sekali charge baterai bisa bertahan selama berminggu-minggu.
Kita bisa membaca menggunakan e-book reader di tempat terang atau di bawah sinar matahari tanpa silau sama sekali. Karena alat ini tidak memiliki backlight untuk menyalakan monitornya seperti halnya computer.

Merk E-Book Reader yang Populer :
a.      Sony PRS readers – Sony telah mengeluarkan beberapa seri e-book reader yaitu has PRS-505 dan yang terbaru PRS-700. Sony e-Reader bisa menjadi pilihan utama.
b.      Amazon Kindle 2 – Setelah dirilis pada Februari 2009 Amazon telah berhasil menjual sebanyak 500,000 alat ini. eBook reader ini adalah salah satu e-reader yang sangat keren.
c.       BeBook – Endless adalah perusahaan yang memproduksi BeBook, memang tidak sebaik Sony atau Amazon, BeBook cukup impresif dan relative lebih murah. Yang lebih baik dari BeBook bisa dibeli oleh orang diluar USA.
d.      Hanlin V3 – adalah e-book reader diproduksi oleh Jinke perusahaan dari China. Memiliki fasilitas yang cukup lengkap termasuk bisa sebagai player MP3.

D.    PORTABLE MEDIA PLAYER



  

Portable Media Player merupakan alat elektronik konsumen yang dapat menyimpan dan memutar media digital seperti musik dan video. Data umumnya disimpan dalam cakram keras, mikrokandar (microdrive), atau memori kilat (flash memory). Sebaliknya, pemutar audio portabel analog dapat memutar musik dari pita kaset, atau rekaman. Pemutar audio digital sering dijual sebagai pemutar MP3, bahkan walaupun mendukung format berkas lainnya. Jenis alat elektronik lain, seperti telepon genggam, tablet PC, dan kamera digital, kadang dimasukkan dalam kategori ini jika memiliki kemampuan untuk memutar media.



0 komentar:

Posting Komentar